Madrasah Pengajian Sufi menawarkan bimbingan gratis dalam pengajaran lima Tarekat Sufi utama – Naqsabandiyah, Mujaddidiyah, Chishtiyah, Qodiriyah, dan Syadziliyyah – dengan tekanan khusus pada Mujaddidiyyah. Sekolah ini didirikan oleh Shaykh Hazrat Azad Rasool (ra) pada tahun 1975 atas ijin dari Shaykh Beliau sendiri, yakni Shaykh Maulvi Muhammad Sa’id Khan (ra). Setelah selama 55 tahun bekerja tanpa lelah guna mencapa tujuan menyebarluaskan ajaran ini ke seluruh penjuru dunia , Shaykh Hazrat Azad Rasool (ra) wafat pada tanggal 7 November 2006. Lembaga ini, kini bernama Sekolah Bimbingan Sufi, mempunyai banyak cabang di seluruh dunia dengan para santri dari berbagai negara seperti Kanada, Brazil, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Australia, New Zealand, Bangladesh, Pakistan, Polandia, Inggris, AS, Italia, Jerman, Mesir, Tunisia, Etiopia, Malaysia, Singapura, Oman, dan Indonesia.

Seperti dalam tradisi tarekat Sufi, pekerjaan ini berlangsung terus tanpa jeda. Putera dan penerus (khalifa) Hazrat Azad Rasool (ra), Shaykh Hamid Hasan kini memimpin Institute of Search for Truth dan School of Sufi Teaching (Sekolah Bimbingan Sufi) dan menyediakan inisiasi dan bimbingan bagi orang-orang di jalan Kesufian.

Tujuan utama Sekolah ini adalah mengajarkan praktik tarekat ini sedemikian hingga semua pejalan yang tulus bisa mendapatkan akses ke manfaat dan berkah yang luar biasa dari jalan Sufi ini. Sekolah ini mensyaratkan agar para santri melakukan usaha yang iklhas dan istikomah untuk mengadopsi praktik muroqobah dan dzikir yang dengan cara ini diri (nafs) bisa berkembang dan tersucikan. Melalui program muroqobah dan dzikir bertahap dan berkelanjutan, santri akan menjadi lebih lembut dan mulai memahami hubungan mereka dengan dunia dan dengan pencipta dengan cara baru.

Praktik ini dilakkukan sesuai dengan tuntunan Sunnah Nabi Muhammad SAW dan sudah dirumuskan dan dimutakhirkan secara saksama secara berturut-turut oleh para shayk Sufi sehingga tetap relevan dan efektif bagi masyarakat kontemporer saat ini. Tapi dalam tarikat kami tidak ada keharusan untuk menjadi Muslim agar bisa mencicipi ajaran ini. Satu fitur unik dari Sekolah ini adalah tujuan untuk membawa beberapa dari ajaran (yang tadinya dianggap esoterik) ini dari Timur ke Barat pada saat yang tepat dalam sejarah.